Alasan Melakukan Diet

117
0
SHARE

Apa sih sebenarnya diet itu ? dan kenapa pula banyak orang sampai rela mengahbiskan uang dalam jumlah besar hanya untuk mengikuti program diet. Diet merupakan salah satu cara yang lazim ditempuh ketika seseorang ingin mengurangi berat badan. Pelaku diet berharap memiliki berat badan ideal, sehingga dapat memperbaiki penampilan agar terlihat lebih seksi dan proporsional.

Namun tidak semata mata semua orang melakukan diet untuk memburu alasan diatas, buktinya banyak orang yang mengikuti program ini dengan alasan yang berbeda.

Apa sajakah alasan tersebut? Simak ulasannya berikut ini:

  1. Masalah kesehatan: Akhir-akhir ini banyak orang mengikuti program diet dengan alasan kesehatan. Memang, bagaimanapun juga kelebihan berat badan adalah sesuatu yang membuat banyak orang khawatir akan gangguan kesehatan yang akan ditimbulkannya kelak. Seperti yang kita ketahui, mengalami kelebihan berat badan atau obesitas dapat berpengaruh besar terhadap timbulnya gangguan kesehatan seperti gangguan penyakit jantung, kanker prostat pada pria dan penyakit diabetes. Penyakit-penyakit tersebut dapat menyerang jika terdapat timbunan lemak yang berlebih pada tubuh manusia.
  2. Masalah penampilan: Alasan paling menonjol dalam mengikuti program diet seseorang adalah masalah penampilan. Mempunyai tubuh yang gemuk tentunya dapat mengurangi rasa percaya diri seseorang menjadi menurun, baik itu wanita ataupun pria. Memang, menurunkan berat badan adalah suatu hal yang cukup sulit diwujudkan, namun banyak orang yang rela meninggalkan kebiasaan dalam kesehariannya demi memperbaiki penampilan dengan cara menurunkan berat badan.
  3. Meningkatkan rasa percaya diri: Alasan ini berkaitan dengan poin kedua. Dengan berat badan yang berlebih, sesorang akan merasa tidak nyaman dengan penampilannya jika berhadapan dengan banyak orang. Selain itu, memiliki tubuh gemuk juga akan mengalami berbagai kesulitan seperti susahnya mencari busana yang pas untuk ukuran tertentu. Tidak sedikit pula orang-orang yang mengalami obesitas sering mengeluh dengan keadaannya seperti ini. Umumnya mereka mendambakan bentuk tubuh yang ideal agar percaya diri mereka selalu tumbuh dimanapun mereka berada.
  4. Menekan pengeluaran masalah kesehatan: Orang yang mengalami obesitas cenderung lebih sering mengecek kesehatannya ke klinik-klinik kesehatan, hal ini ditimbulkan oleh tingginya timbunan lemak dalam tubuh. Dengan begitu, merekapun kerap mengeluarkan uang yang tidak sedikit jumlahnya, terlebih lagi jika gangguan  kesehatan tersebut mulai mengarah pada penyakit komplikasi. Maka pengeluaranpun akan terus membengkak sehingga mereka merasa perlu untuk mengikuti program diet sebagai langkah untuk meminimalisir pengeluaran yang sering mereka keluarkan.

Maka mari kita lebih menghormati orang-orang yang melaksanakan program diet. Karena pada kenyataannya, mereka tidak semata-mata karena takut kegemukan melainkan untuk menjaga kesehatannya sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here