Cantiknya Koleksi Kain Batik Khas Kediri

969
0
SHARE

Cantiknya Koleksi Kain Batik Khas Kediri. Berbagai kain nusantara dapat menjadi pilihan. Salah satunya kain tenun ikat yang berasal dari kota Kediri, Jawa Timur. Selain tenun ikat, Kediri juga memiliki potensi kerajinan batik, seperti batik dermo.
Batik Kediri ini memiliki motif yang khas yakni sungai brantas, getuk pisang, tahu, jaranan, dan lainnya. Saat ini Pemkot Kediri telah berupaya untuk mengembangkan sentra batik agar batik Kota Kediri lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Batik Kota Kediri memiliki ciri khas motif yang trinspirasi dari makanan , flora, tarian , alam yang ada di Kota Kediri. Terdapat 20 kelompok pengrajin yang tersebar di Kelurahan Dermo, Mrican, dan Dandangan. Umkm dermo batik mulai memasarkan batik produksinya melalui media online. Untuk meningkatkan eksitensinya, Umkm ini juga mengikuti berbagai pameran baik yang diadakan di Kota Kediri maupun luar kota. Ini dilakukannya untuk mengenalkan kain batik produksinya.

Kini usaha batik Umkm dermo batik berkembang pesat. Ratusan pesanan setiap bulan terus menghampirinya. Umkm dermo batik mengajak warga sekitar sebagai mitra usahanya. Sebanyak 10 warga diajaknya untuk membantu menyesaikan ratusan pesanan yang datang.
Dermo batik, wiwit Ketua Kelompok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here