Berawal Hobi Pelihara Ikan Cupang Sekarang Jadi Bisnis Dengan Omzet Jutaan Rupiah

8
0
SHARE

Berawal Hobi Pelihara Ikan Cupang Sekarang Jadi Bisnis Dengan Omzet Jutaan Rupiah

Ikan Cupang yang mungil dan memiliki sirip yang lebar dengan variasi warna yang cantik serta keunikan dan keindahannya sehingga banyak diminati pecinta ikan hias. Bentuk ikan yang cantik tersebut menjadi daya pikat bagi penggemarnya, jika usaha ikan ini dikelola dengan baik, ternyata bisa memberikan keuntungan yang menggiurkan.

Budidaya ikan Cupang merupakan peluang bisnis yang menjanjikan. Selain pemeliharaannya yang tidak merepotkan alias mudah, ikan hias ini bisa menghasilkan omset jutaan rupiah dalam setiap minggunya. Berawal dari kecintaannya dan hobi mengoleksi ikan cupang, Maman (24) sudah satu tahun dirinya fokus membudidayakan cupang.

Maman menjelaskan usaha budidaya ikan Cupang tersebut Ia rintis di rumah di Kampung Citrasari RT 02 RW 04 Desa Ciwareng Kecamatan Babakan Cikao ini, bermodalkan 17 ekor dengan 1 kolam kecil. Namun saat ini Maman memiliki 20 kolam kecil dengan ribuan ekor ikan Cupang dari berbagai jenis yang Ia kembangbiakan

Saya lihat belum ada satu pun toko ikan hias yang fokus membudidayakan ikan Cupang dan menjualnya secara khusus, akhirnya kesempatan itu saya jadikan sebagai peluang bisnis,” jelasnya. Maman mengungkapkan dalam mengembangbiakkan ikan Cupang hias ibukan perkara yang mudah karena ikan ini memiliki sifat yang suka berkelahi jika bertemu ikan cupang lainnya. Ia sering gagal mengawinkan ikan itu.

Diawal Maman mengalami kesulitan untuk mengawinkan ikan Cupang namun Ia pantang menyerah dan akhirnya bisa mengembangkan usaha ikan Cupang hiasnya hingga berhasil menembus pasar keluar daerah. Selain dari sekitar Purwakarta, Pemesanan juga datang dari beberapa kota lain seperti Karawang, Subang dan Bekasih.

“Alhamdulillah dalam satu bulannya bisa menjual sekitar 300-800 Ekor ikan Cupang dari berbagai jenis dengan omset Rp 2juta hingga 3 juta per bulan,” pungkas Maman.

Bila Anda Ingin Usaha Anda tanyang di Channel Kami, anda dapat mengirim Video tentang Usaha Anda ke email kami dedjoem@gmail.com atau bagi Anda yang mempunya Usaha di wilayah Kediri, Ngajuk, Blitar atau Tulungagung dan ingin Usaha Anda kami Liput, Anda dapat menghubungi kami di email dedjoem@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here