Berkat Budidaya Ikan Cupang, Saringun Kantongi Omzet 10 Juta

28
0
SHARE

Berkat Budidaya Ikan Cupang, Saringun Kantongi Omzet 10 Juta

Ikan hias cupang memiliki banyak penggemarnya mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Peluang ini ditangkap oleh seorang pemuda di Purbalingga, Jawa Tengah, untuk mengembangbiakkan ikan hias cupang. Uang jutaan rupiah berhasil diraupnya tiap bulan dari hasil menggeluti bisnis ikan cupang.

Ikan cupang memiliki gerakan yang lincah dan memiliki ekor dan sirip yang dapat meliuk-liuk mengikuti gerakan tubuh. Apalagi, saat sirip dan ekornya mengembang warnanya begitu eksotis. Tak heran, jika ikan hias cupang digemari banyak kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Banyaknya penggemar ikan cupang menjadikan peluang terbuka untuk dijadikan bisnis, seperti Saringun, warga desa Majasari, Kecamatan Bukateja, Purbalingga. Ia sudah 15 tahun menjadi pembudi daya ikan hias cupang. Di desa ini, 50% warganya menggeluti bisnis ikan hias.

Di belakang rumahnya dengan lahan seluas 120 meter persegi dibuat beberapa petak kolam untuk berternak ikan cupang. Ada tiga jenis ikan cupang yang diternak mulai ikan cupang jenis plakat, serit, hingga ikan cupang halfmoon. Jumlahnya mencapai puluhan ribu ekor mulai dari yang berukuran kecil hingga siap jual.
Induk ikan cupang yang akan dikembangbiakkan harus berkualitas bagus. Tiap satu akuarium ukuran kecil diisi indukan jantan dan betina agar terjadi proses pemijahan.

“Proses pemijahan ditandai dengan induk pejantan mendekati induk betina hingga induk betina mengeluarkan ratusan telur,” ujarnya.
Dalam satu hari, telur akan menetas menjadi burayak. Setelah dianggap kuat, burayak ikan cupang segera dipindahkan ke dalam kolam pembesaran. Selama masa pembesaran, anakan ikan cupang diberi makan berupa kutu air dan cacing halus hingga panen.

Keberhasilan Saringun dan petani lain, berkat ketekunan dan bimbingan penyuluh perikanan. Ikan cupang hasil budi daya petani dipasarkan ke sejumlah kota dibantu petugas penyuluh perikanan. Dari membudidayakan ikan cupang, omzet per bulannya mencapai Rp10 juta. Omzet tersebut didapat dari 20 petak kolam dengan tiap petak berisi 5.000 ekor ikan dengan masa panen paling lama 3 bulan
“Harga per ekor ikan cupang mulai dari Rp30 ribu hingga Rp15 ribu, namun, ikan cupang dengan kualitas kontes harganya bisa lebih mahal,” tandasnya.

Bila Anda Ingin Usaha Anda tanyang di Channel Kami, anda dapat mengirim Video tentang Usaha Anda ke email kami dedjoem@gmail.com atau bagi Anda yang mempunya Usaha di wilayah Kediri, Ngajuk, Blitar atau Tulungagung dan ingin Usaha Anda kami Liput, Anda dapat menghubungi kami di email dedjoem@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here