Bisnis Menjanjikan, Budidaya Tokek

27
0
SHARE

Budidaya Tokek Bisnis Yang Masih Menjanjikan

Budidaya hewan yang satu ini memang sedikit aneh dan tidak lazim. Tokek,binatang jenis reptil ini ditangan seorang warga Jombang bisa menjadi sumber tambahan ekonomi.

Memanfaatkan bekas dapur rumahnya, Chamim warga Desa Banjardowo, Kecamatan Jombang mengeluti budidaya ternak tokek. Puluhan ekor tokek dipelihara di lokasi sederhana ini, mulai, anakan hingga tokek siap jual. Lamanya menggeluti budidaya ini membuat pria ini mengenal karakter tokek. Dia sudah berternak tokek sejak tahun 1983.

Hampir setiap minggu tempatnya didatangi pembeli dari berbagai daerah. Tokek yang konon bisa menyembuhkan penyakit gatal ini harganya cukup murah, berkisar Rp 40 ribu hingga Rp 100 ribu perekor. Penentuan harga disesuaikan dengan panjang tubuh tokek. Perawatannyapun cukup mudah cukup menyediakan lokasi kotak boks dan makanan yang mudah didapatkan disekitar rumah.

Chamim mengaku dari budidaya ini dia pernah menjual tokek dengan harga Rp 25 juta satu ekor. Namun yang berukuran panjang, yaitu 40 sentimeter. Tokek dengan panjang 40 sentimeter, biasanya sudah berumur lebih dari lima tahun. Tokek yang konon untuk bahan obat ini banyak diburu pembeli, bahkan juga pembeli dari Malaysia.

Ditambahkan Chamim, penentuan harga tokek telah bergeser dari berat badan menjadi panjang. Sebab sebagian peternak tokek bermain curang dengan memasukkan besi gotri ke dalam mulut tokek. Tujuannya agar menghasilkan berat badan yang tinggi. Namun dengan ukuran panjang, pembeli tidak bisa dibohongi. Anda tertarik?? Mungkin bisa mencoba mengenali dulu karakter hewan ini sebelum membudidayakannya.

Bila Anda Ingin Usaha Anda tanyang di Channel Kami, anda dapat mengirim Video tentang Usaha Anda ke email kami dedjoem@gmail.com atau bagi Anda yang mempunya Usaha di wilayah Kediri, Ngajuk, Blitar atau Tulungagung dan ingin Usaha Anda kami Liput, Anda dapat menghubungi kami di email dedjoem@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here