Bisnis Rangkaian Bunga dengan Omset 8 juta per Bulan

112
0
SHARE

Bisnis Rangkaian Bunga dengan Omset 8 juta per Bulan

Bisnis rangkaian bunga segar cukup menjanjikan. Di tangan Dian Tri Wibawani (22) warga Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto ini, bisnis yang ditekuni sejak tahun 2014 lalu, saat ini omzetnya mencapai Rp8 juta per bulan. Perempuan kelahiran 16 November 1996 memulai usahanya sejak duduk di bangku kelas 2 SMA Negeri 1 Gondang atau tepatnya pada tahun 2014 lalu.

Berawal saat teman sekolahnya ingin memberikan bunga segar kepada kekasihnya sebagai hadiah hari jadi mereka”Awalnya ada teman sekolah yang mau beri hadiah anniversary ke pacarnya, terus tahu kalau ibu saya punya usaha dekorasi, jadi pesan bunga ke saya. Saat itu, saya menjual empat tangkai bunga mawar dengan harga Rp10 ribu,” ungkapnya.

Masih kata Dian, sejak saat itu banyak teman sekolahnya yang membeli bunga segar jenis mawar ini kepadanya. Melihat ada peluang usaha, anak pasangan Suprapto (58) dan Rahayu Pancawati (52) ini kemudian mengembangkan ke rangkaian bunga. “Satu tahun kemudian, pada awal 2015, saya mulai menerima pesanan rangkaian bunga mawar. Satu rangkaian isinya lima tangkai bunga mawar, itu saya jual Rp15 ribu. Rangkaiannya pun masih jelek, asal-asalan, kalau jenis bunganya ada mawar dan peackok dihias dan dibungkus plastik,” katanya.

Karena Dian sudah mulai merasakan keuntungan yang lumayan dari hasil berjualan bunga itu, Dian mulai mempromosikan barang dagangannya itu melalui media sosial (medsos). Mulai dari BlackBerry Messenger (BBM), Facebook (FB) kemudian yang terbaru Instagram (IG).”Sejak awal tahun 2016, pesanan rangkaian bunga mulai meningkat. Mulai harga Rp25 ribu sampai Rp70 ribu per rangkaian. Saya juga menerima pesanan rangkaian hand bouquet yang dijual dengan harga mulai Rp80 ribu sampai Rp200 ribu. Isinya kombinasi dari jenis bunga, mawar, casablanca, kala lily, rotensia, stargeser dan lainnya,” ujarnya.

Namun untuk pesanan hand bouquet, lanjut Dian, hanya di musim tertentu saja. Seperti musim pernikahan, hari ibu, hari Kartini dan valentine. Omzet per bulannya sekitar Rp3 juta sampai Rp8 juta, namun di musim tertentu bisa dari Rp5 juta. Bahkan saat valentine bisa mencapai Rp16 juta. “Alhamdulillah dari bisnis ini, awal tahun 2017 saya sudah bisa beli mobil jenis Honda Jazz. Selain menjual rangkaian bunga dan hand bouquet, saya juga mulai menawarkan jasa mendekorasi display pesta pernikahan, akad nikah, tunangan serta dekorasi untuk photo both,” jelasnya.

Untuk dekorasi pesta pernikahan, Dian mematok harga mulai Rp5 juta hingga Rp8 juta. Untuk dekorasi display pesta engagement (tunangan), akad nikah dan photo both, Dian menawarkan harga mulai Rp500 ribu hingga Rp1 juta. Semua tergantung permintaan pemedan

“Harganya memang berbeda dengan dekorasi pada umumnya. Soalnya kita pakai bunga segar, bukan bunga yang terbuat dari plastik. Saat ini hanya pesanan di Mojokerto saja karena kalau luar Mojokerto, banyak yang komplain, bunganya saat sampai di tujuan tidak segar lagi,” tuturnya. Sehingga saat mahasiswa semester 6 jurusan Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Malang menerima pesanan dari luar Mojokerto, Dian menjelaskan agar pelanggan tidak kecewa

 

 

Bila Anda Ingin Usaha Anda tanyang di Channel Kami, anda dapat mengirim Video tentang Usaha Anda ke email kami dedjoem@gmail.com atau bagi Anda yang mempunya Usaha di wilayah Kediri, Ngajuk, Blitar atau Tulungagung dan ingin Usaha Anda kami Liput, Anda dapat menghubungi kami di email dedjoem@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here