Gogo Iwak, Perlombaan untuk Menyambut Hari Kemerdekaan

101
0
SHARE

Gogo Iwak, Perlombaan untuk Menyambut Hari Kemerdekaan

Banyak cara yang masyarakat lakukan untuk memperingati hari kemerdekaan indonesia, ada yang dengan cara makan-makan, ada juga yang mengadakan panggung hiburan, pertunjukan tradisional, maupun perlombaan-perlombaan yang menarik dan meriah. Salah satu contoh nya perlombaan gogo yang di adakan oleh warga di desa mojoagung ini.

Gogo yang di artikan dalam bahasa indonesia adalah mencari ikan dengan cara manual tanpa menggunakan alat bantu, hanya menggunakan kedua tangan untuk menangkap ikan.

Dalam kegiatan itu, masyarakat tampak antusias mengikuti perlombaan tersebut, terbukti semakin siang semakin banyak masyarakat yang ikut mencari ikan. Di kali yang tidak terlalu lebar dan dalam itu, ikan lele seberat 1 kwintal di tebar untuk di perebutkan oleh masyarakat.

Perlombaan ini diadakan oleh rt 03 di desa mojoagung, kecamatan prambon, kabupaten nganjuk, perlombaan ini diperuntukan untuk warga di rt 03 bukan berarti warga lain rt tidak di perkenankan untuk ikut andil dalam perlombaan, untuk warga selain rt 03 di kenakan biaya sebesar Rp5000, apa bila ingin ikut dalam perlombaan.

Dalam perlombaan ini tidak ada yang kalah, maupun menang, seluruh masyarakat dapat membawa pulang seluruh hasil tangkapannya tanpa di kenakan biaya, banyak warga yang mendapatkan ikan lele lebih dari 1kg, dan tentu ada juga yang tidak mendapat kan ikan sama sekali. Tapi warga tidak ada yang merasa kecewa karena perlombaan ini untuk memperingati hari kemerdekaan indonesia.

Banyak anak kecil yang mengikuti gogo kali ini, menurut meraka ini kesempatan mereka mencari ikan lele gratis, dan dapat bermain air gratis sesuka meraka, karena sungai tersebut tidak terlalu dalam. Tentu saja anak-anak tetap di dampingi oleh orang tua mereka masing-masing yang mengawasi dari pinggir sungai.

Uang yang terkumpul hendaknya akan di gunakan untuk mengadakan perlombaan lain yang akan di adakan lain hari dan di gunakan untuk membeli hadiah. Menurut panitia acara gogo ini akan di akan  setiap tahun di di tempat yang sama untuk memperingati hari kemerdekaan indonesia setiap tahun nya.

 

 

 

Bila Anda Ingin Usaha Anda tanyang di Channel Kami, anda dapat mengirim Video tentang Usaha Anda ke email kami dedjoem@gmail.com atau bagi Anda yang mempunya Usaha di wilayah Kediri, Ngajuk, Blitar atau Tulungagung dan ingin Usaha Anda kami Liput, Anda dapat menghubungi kami di email dedjoem@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here