Indahnya Burung Murai Hasilkan Omzet hingga Rp20 Juta

45
0
SHARE

Indahnya Burung Murai Hasilkan Omzet hingga Rp20 Juta

Sebagian kalangan, Burung Murai Batu Medan masih menjadi daya tarik pencinta Burung berkicau. Suara, dan bentuknya yang khas membuat burung endemik yang banyak dijumpai di kawasan hutan tropis Sumatera dan Kalimantan ini harganya masih terbilang mahal. Pasar yang menjanjikan harga jual yang tinggi, bisnis penangkaran Burung Murai Medan semakin berkembang.

Galih Ferdianto warga di Jalan Sriwijaya, berawal dari hobi, Galih mencoba mengembangkan bisnis penangkaran sejak 2 tahun terakhir. Awalnya ia hanya punya sepasang induk jantan dan betina kini berkembang menjadi sembilan pasang Murai Batu Medan kualitas super.

Untuk mencapai keberhasilan dari beternak Murai batu tidak hanya menyiapkan dana yang besar, melainkan mental yang kuat, karena tingkat kegagalannya cukup tinggi, sementara harga sepasang indukan yang dibeli tergolong sangat mahal hingga mencapai puluhan juta.

Agar mendapat lingkungan yang sesuai dengan habitat aslinya, langkah pertama yang harus diperhatikan adalah konstruksi kandang, dan kelembaban udara. Selain itu, perawatan berkala dengan memberi makan variatif sangat diperlukan, di antaranya kroto, jangkrik dan ulat. Selanjutnya untuk proses perjodohan hingga produksi, diperlukan waktu sekitar satu setengah bulan tergantung perawatannya. Setiap produksi, biasanya indukan betina dapat bertelur sekitar dua hingga empat anakan.

Galih mengaku, selain jadi prospek bisnis yang menjanjikan, penangkaran yang dilakukannya sebagai upaya pelestarian Burung Murai Batu yang kian menipis di habitatnya, sehingga ia tidak melayani pembelian anakan betina.

“Setiap bulan lebih dari lima hingga delapan anakan berhasil dikembangbiakan, dengan harga Rp6 juta untuk satu anakan jantan yang berumur satu bulan, omzetnya bisa mencapai Rp20 juta,” kata Galih Ferdianto, Jember.

Burung Murai Batu Medan merupakan burung cerdas, dengan fisik bagus, serta memiliki ekor yang panjangnya mencapai 27 cm. Murai Batu juga pintar menirukan berbagai macam suara hewan, burung jenis lain, hingga suara alam yang ada di sekitarnya.

Bila Anda Ingin Usaha Anda tanyang di Channel Kami, anda dapat mengirim Video tentang Usaha Anda ke email kami dedjoem@gmail.com atau bagi Anda yang mempunya Usaha di wilayah Kediri, Ngajuk, Blitar atau Tulungagung dan ingin Usaha Anda kami Liput, Anda dapat menghubungi kami di email dedjoem@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here