Mbah Gotang Perajin Topeng Asal Ngaglik

19
0
SHARE

Mbah Gotang Perajin Topeng Asal Ngaglik

Nama aslinya Kuswantoro warga asli Ngaglik yang dikaruniai darah seni ini memulai kiprahnya sebagai seniman sejak masih duduk di bangku SMP. Selain aktif dalam berbagai kegiatan, kesenian khususnya yang berhubungan dengan gamelan kebanyakan sudah dikuasainya. Dilahirkan dari keluarga seniman, pria dengan sebelas bersaudara ini memang sejak kecil suka membuat barang-barang ukiran dengan bahan baku seadanya yang bisa ditemukan. Kemudian diolah melalui ukiran hingga mendapati bentuk yang artistik dan bisa laku dijual.

Meski awalnya dia lebih sering berolah seni di bidang karawitan sejak tahun 1987, dan pada tahun 2007 baru manekuni pembuatan topeng. Ini diilhami oleh gelaran bantengan Nuswantara ketika itu. “Pertama saya memang tertarik untuk membuat bantengan, karena melihat setelah digelarnya bantengan Nuswantara itu geliat untuk melestarikan kesenian bantengan ini begitu besarnya.

Dari membuat kepala bantengan itulah kemudian berkembang hingga ke topeng-topeng yang lain. Contohnya ganongan, kucingan, barongan dan lainnya. Topeng –topeng yang terbuat kebanyakan dari kayu waru atupun dadap ini biasanya bisa laku dengan harga kisaran Rp 75 ribu sampai Rp 100 ribu lebih.

Sayang sebelum diwadahi karang taruna, kegiatannya ini belum banyak diketahui. Namun setelah diajak oleh Teguh dan Dwi dari karang taruna Kelurahan Ngaglik itulah lambat laun karya-karyanya mulai banyak dikenal masyarakat luas. “Dengan adanya karang taruna ini saya merasa senang. Karena apa yang saya perbuat ini bisa diperhatikan dan dibina,” bebernya.

Tidak hanya membuat patung dan karawitan saja, ke depannya ia juga ingin aktif dalam pembinaan warga dalam hal seni karawitan, jaranan ataupun campursari. Dengan dibantu saudaranya dia juga berencana membuat sebuah sanggar seni tepatnya di kampung Hendrik. Di tempat itulah semua kegiatan kesenian bisa ditampung dan dibina. Tidak hanya itu, dengan adanya sanggar seni tersebut bisa disinkronkan dengan keinginan karang taruna untuk menjadikan Ngaglik sebagai Kelurahan wisata.

Bila Anda Ingin Usaha Anda tanyang di Channel Kami, anda dapat mengirim Video tentang Usaha Anda ke email kami dedjoem@gmail.com atau bagi Anda yang mempunya Usaha di wilayah Kediri, Ngajuk, Blitar atau Tulungagung dan ingin Usaha Anda kami Liput, Anda dapat menghubungi kami di email dedjoem@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here