Miniatur Moge dari Kaleng Bekas Rokok

729
0
SHARE

Miniatur Moge dari Kaleng Bekas Rokok. Rezeki datangnya memang tak pernah diduga. Bisa dari mana saja, dan kapan saja. Tengok saja kisah dari Himawan Suripto ini. Dia baru tahu ‘kelincahan’ tangannya bisa mendulang rupiah hingga jutaan per bulan justru di usia paruh baya.

Berawal dari keisengan semata, pria kelahiran 60 tahun lalu itu merangkai kaleng-kaleng bekas rokok yang ada di sekitarnya menjadi sebuah miniatur motor gedhe (moge) Harley Davidson. Pertama-tama, dia merangkai kabel antena TV yang dililit dan dirangkai mirip rangka moge. Kemudian, dia mulai menggunting dan membentuk bagian-bagian seperti stang, sadel, knalpot dan tanki motor.

Ketika motor-motoran itu jadi, bukan hanya sang cucu yang suka, seseorang yang datang ke gerai handphonenya menyatakan ketertarikannya pada karya Suripto, dan berniat membeli barang ‘antik’ itu. Sekadar tahu, sebelum menekuni bisnis ini, Suripto memang membuka bisnis counter handphone di rumahnya.

Sebetulnya, dia enggan melepas karya pertamanya itu. Selain karena benda tersebut memang diniatkan untuk mainan sang cucu, dia juga tidak bisa menentukan harganya. Namun, calon pembeli itu rupanya sudah kepincut dan terus mendesak agar Suripto ‘melepas’ benda tersebut kepadanya. Sebagai imbalan, Suripto diberi kompensasi Rp 100 ribu. Kali ini, dia sengaja membuat lebih dari satu ‘moge’. Dan ternyata pembeli mulai berdatangan melalui cerita dari mulut ke mulut.

Pihak kelurahan kemudian mengajak pameran, lalu lambat laun juga ikut pameran industri kreatif yang digelar oleh Pemkot Surabaya,” paparnya.
Hebatnya lagi, meski Suripto hanya belajar membuat miniatur Harley secara otodidak namun miniatur yang dibuatnya nyaris sempurna menyerupai aslinya. Dan sejak dua tahun lalu, setelah mendapatkan berbagai pelatihan dari Pemerintah kota Surabaya, dia serius menggeluti miniatur moge ini sebagai usahanya.

Suripto bilang variatif tergantung dari bahan dan kerumitan desainnya. Namun dia memberi patokan harga berada di kisaran 500 ribu sampai 1 juta ribu rupiah per unit.

Dia menambahkan, saat ini sudah banyak pesanan dari luar kota, bahkan luar negeri. Tak sedikit pejabat sekelas menteri atau pejabat lain di daerah yang sudah punya koleksi miniatur mogenya. Tak hanya itu, Suripto juga punya pembeli dari ‘luar’ seperti Belanda, Jerman dan Inggris.

Himawan Suripto, Surabaya Jawa Timur, Pengrajin Miniatur Kaleng Bekas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here