Minuman Segar Dan Berkhasiat Khas Jawa Timur

282
0
SHARE

Minuman Segar Dan Berkhasiat Khas Jawa Timur

Bajigur
Bajigur adalah minuman hangat khas dari masyarakat Sunda dari daerah Jawa Barat, Indonesia.Minuman yang satu ini terdiri dari gula aren, dan santan sebagai bahan utamanya.Namun dalam penyajiannya agar lebih nikmat rasanya bisa dicampurkan dengan sedikit jahe, garam dan bubuk vanili.Bajigur paling cocok diminum pada saat cuaca dingin dan basah sehabis hujan. Makanan yang sering dihidangkan bersama bajigur adalah pisang rebus, ubi rebus, atau kacang rebus.

Es Oyen
Es yang satu ini merupakan minuman khas Jawa yang dengan mudah anda temukan di Jawa Timur. Namun sebenarnya minuman ini berasal dari Bandung dan merupakan es campur. Es oyen sendiri berkembang pesat di daerah jawa timur.

Cendol Dawet
Merupakan minuman yang berasal dari pulau jawa dan tersebar di baerbagai daerah di jawa seperti sunda dan jawa tengah. Minuman yang berbahan dasar tepung beras ini sangat populer bahkan pulau di luar jawa pun banyak yang menjual minuman yang satu ini.

Sekoteng
Kalau minuman yang satu ini berasal dari jawa tengah . Minuman ini berbahan dasar jahe dan biasa disajikan pada suasana yang dingin seperti malam hari. Biasanya dalam penyajian Sekoteng dicampur dengan kacang tanah,kacang hijau,pacar cina dan dengan potongan roti.

Wedang Uwuh
Minuman unik yang satu ini memiliki kisah asal muasal sendiri. minuman ini awalnya terbentuk karena iseng atau pun coba-coba. Wedang sendiri berarti minuman sedangkan uwuh berarti sampah namun arti dan maksud dari minuman ini ialah mminuman ini terbuat dari bahan organik dedaunan.

Wedang Ronde
Minuman yang satu ini berasal dari jawa sama seperti diatas nama wedang ronde mempunyai arti tersendiri yaiutu wedang berarti minuman dan ronde ialah bulatan-bulatan dari tepung ketan yang biasa diebut ronde.

Es Buto Ijo
Es buto ijo adalah minuman khas Jawa Timur yang berasal dari Lumajang. Bahan-bahan untuk membuat minuman ini adalah isi dari kelapa muda, ada juga nata de coco, beberapa kolang kaling, dan juga sagu mutiara. Serta disiram dengan sirup rasa melon dan juga diberi susu kental manis.

Es Pleret
Es ini berasal dari nama seorang sesepuh dari Blitar yaitu Kyai Pleret. Jika dilihat sekilas, es pleret ini sama seperti kebanyakan es lainnya. Namun sejatinya minuman ini memiliki rasa yang khas yaitu yang terletak dari bahannya. Karena pembuatan es pleret digunakan gula jawa sebagai pemanis dan ditambah dengan santan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here