Modal Kolam Kecil, Pembudidaya Ikan Nila Ini Raup Omset Jutaan

19
0
SHARE

Modal Kolam Kecil, Pembudidaya Ikan Nila Ini Raup Omset Jutaan

Bermodalkan kolam berukuran skala kecil, seorang warga Desa Kanigoro Kecamatan Pagelaran Malang, Mujiono dapat meraup omset jutaan rupiah dari hasil budidaya ikan nila yang selama ini digeluti.Mujiono mengaku memulai budidaya ikan air tawar itu sejak beberapa tahun lalu. Budidaya ikan air tawar memang menjanjikan, selain itu untuk memulai budidaya skala kecil tidak membutuhkan modal yang besar.

Di dua kolam berukuran 15 meter persegi, Mujiono mengatakan dapat menghasilkan 1 kwintal ikan nila. Ikan tersebut dapat dipanen dalam waktu 6 bulan sekali.“Satu kilogram ikan nila dijual dengan harga Rp 22 ribu, sehingga total bisa dapat omset Rp 2,2 juta untuk satu kolam,” ujar Mujiono.

Untuk harga ikan nila dari pembudidaya memang di banderol antara Rp 22 ribu hingga Rp 23 ribu per kilogram. Sementara jika di pasaran biasanya ikan nila dijual seharga Rp 26 ribu hingga Rp 27 ribu per kilogram.Terkait pemasaran ikan nila sendiri tidak begitu sulit, mengingat banyak masyarakat yang gemar mengkonsumsi ikan ini karena harganya yang murah.

Mujiono sendiri berharap budidaya ikan nila yang ditekuni dapat terus eksis. Selain itu, dia juga ingin ada perhatian dari dinas terkait. Ia berharap karena jenis budidaya ikan ini sudah booming maka dari dinas terkait bisa memberikan bantuan sarana dan prasarana.

Ikan nila atau yang memiliki nama ilmiah Oreochromis niloticus, memang menjadi salah satu ikan yang populer di budidayakan di Indonesia. Ikan nila cocok dibudidaya karena jenis ikan ini tahan terhadap penyakit dan hama, namun memiliki waktu pertumbuhan yang relatif lama.

Bila Anda Ingin Usaha Anda tanyang di Channel Kami, anda dapat mengirim Video tentang Usaha Anda ke email kami dedjoem@gmail.com atau bagi Anda yang mempunya Usaha di wilayah Kediri, Ngajuk, Blitar atau Tulungagung dan ingin Usaha Anda kami Liput, Anda dapat menghubungi kami di email dedjoem@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here