Pengrajin Barongan Sulit Kembangkan Usaha

93
0
SHARE

Pengrajin Barongan Sulit Kembangkan Usaha

Kesenian barongan dan jaranan adalah kesenian tradisional yang tidak bisa lepas dari kehidupan warga Kediri, namun tidak banyak orang yang bisa membuat barongan. Karena terkendala modal, perajin barongan kesulitan mengembangkan usahanya. Dimana perajin hanya mengadalkan uang muka dari para pemesan.

Sosok barongan merupakan perwujudan manusia berkepala ular naga yang tidak lepas dari kesenian jaran kepang atau kuda lumping, kesenian tradisional khas Kediri. Namun sedikit pengrajin yang menekuni pembuatan barongan ini, salah satunya Bambang Sutrisno, pengrajin barongan asal Kelurahan Bangsal, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri. Dengan dibantu dua orang pekerja, Bambang setiap bulannya mendapat pesanan barongan dua buah. Untuk satu buah barongan dapat diselesaikan selama 25 hari.

Selain dipasarkan di sekitar Kediri seperti Nganjuk, Tulungagung, Bojonegero, Sumatra dan Kalimantan, barongan karya Bambang bahkan diminati konsumen dari mancanegara seperti Brunei Darussalam. Bambang Sutrisno mengaku, meski tidak banyak menemui kesulitan dalam membuat barongan, namun Bambang kesulitan dalam hal modal. Agar dapat menyelesaikan pesanan sebuah barongan, Bambang biasanya minta uang muka terlebih dulu kepada si pemesan sebagai modal.

Berbahan dari kayu waru dan cangkring, satu buah barongan lengkap dengan kain penutup pemainnya dijual seharga 2 koma 5 juta rupiah. Sedangkan kepalanya saja dijual seharga 2 juta rupiah, dengan modal 700 ribu rupiah. Selain mengerjakan barongan, Bambang juga mengerjakan dadak merak yang dipergunakan untuk kesenian reog Ponorogo dan topeng bujanganom.

 

Bila Anda Ingin Usaha Anda tanyang di Channel Kami, anda dapat mengirim Video tentang Usaha Anda ke email kami dedjoem@gmail.com atau bagi Anda yang mempunya Usaha di wilayah Kediri, Ngajuk, Blitar atau Tulungagung dan ingin Usaha Anda kami Liput, Anda dapat menghubungi kami di email dedjoem@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here